Profil

SAMI’AN ALI YASIR

Lahir di Ngawi 16 Juni 1946, adalah seorang mubaligh Islam yang giat melakukan syiar sedari muda. Aktif di berbagai organisasi, lembaga pendidikan, jaringan masjid, dan berbagai institusi keagamaan. Sejak tahun 1971 bergabung dengan Gerakan Ahmadiyah Lahore Indonesia dan menjadi mubaligh paling diandalkan hingga saat ini.

Sebagai pengajar, ia pernah menjadi guru agama di Yayasan Perguruan Islam Republik Indonesia (PIRI), dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Jogjakarta (1997-2001), dosen kristologi di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta (2000, sampai sekarang).

Aktif di sejumlah organisasi keagamaan, antara lain: Lembaga Pengkajian Agama dan Kepercayaan (LPAK), Yayasan Bina Ummat Muallaf Indonesia (YABUMI), Angkatan Muda Islam Indonesia (AMII), Gerakan Ahmadiyah Indonesia (GAI, pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB GAI periode 1995-1999).

Buku-buku Pendidikan Agama Islam yang ditulisnya telah menjadi buku standar sekolah-sekolah (SMP, SMU/SMK) Yayasan Perguruan Islam Republik Indonesia (PIRI). Ia juga aktif menulis di berbagai surat kabar dan majalah lokal maupun nasional. Karya-karyanya yang sudah diterbitkan antara lain: Di Balik Poligami Rasulullah saw. (Bina Ilmu Surabaya, 1982), Bismillah Berternak Lebah (Intermassa, 1985), Nuzulul Qur’an menurut Injil (LPAK, 1993), Benarkah Alkitab Dipalsukan? Oo.. benar! (YABUMI, 1993), dan Mengungkap Misteri Penyaliban Yesus (YABUMI, 1994).

%d bloggers like this: