Abu Bakar Baqillani

ABU BAKAR BAQILLANI, mujaddid abad ke-4 Hijriyah. Beliau mengadakan tajdid di bidang akidah (teologi) seperti halnya Abul-Hasan al ’Asy’ari. Bahkan ada yang berpendapat bahwa beliau adalah murid Al ’Asy’ari, karena mengembangkan konsep atomisme yang juga dikenal sebagai okasionalisme (occasionalism), yaitu doktrin dalam versi ekstremnya — semua entitas yang diciptakan dan terbatas tidaklah bisa dijelaskan dengan hubungan sebab akibat yang lengkap; dan bahwa Tuhanlah pelaku kausal yang sebenarnya.

Beliau yang nama lengkapnya Qadhi Abu Bakar Al-Baqillani ini menjelaskan bahwa “Segala sesuatu terdiri” atas atom-atom (juz ‘ lâyatajazza, atau bagian yang tidak dapat dibagi), yaitu diri mereka sendiri tanpa perluasan. Demikian juga ruang itu terdiri atas titik-titik yang tidak saling berhubungan dan waktu terdiri atas momen-momen yang tidak saling terkait. Tidak ada konsolitas. Api tidak membakar karena ia memiliki sifat membakar alamnya, tetapi karena Tuhan menghendakinya. Besok Dia bisa melakukan yang sebaliknya dan sebagai hasilnya api tidak akan membakar lagi. Tidak ada sesuatu yang bersifat seperti api. Apa yang pada faktanya tampak kepada kita sebagai sebab dan akibat — misalnya api menyebabkan sepotong kapas terbakar — itu tidak lain adalah kebiasaan pikiran (’adah), sebab kita telah melihat api yang dibawa ke dekat sepotong kapas dan kapas itu kemudian terbakar. Tuhanlah satu-satunya sebab itu; Kehendaknyalah yang menyebabkan api membakar kapas. Mukjizat itu tidak lain adalah perubahan terhadap kebiasaan pemikiran ini (secara literal adalah khariqul-’adah, yang merupakan salah satu istilah bahasa Arab untuk menyebut mukjizat)”.

Beliau wafat 403 H/1013 M dengan mewariskan kitab At-Tauhid (Pendahuluan) yang menguraikan tentang hal-hal yang perlu dipelajari sebelum memasuki teologi Islam.[]

  1. Leave a comment

tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: