GERAKAN AHMADIYAH

  1. Apakah Ahmadiyah itu?

AHMADIYAH itu Gerakan Pembaharuan dalam Islam pada zaman akhir ini.

Secara linguistik Ahmadiyah berasal dari kata “ahmad” dan mendapat tambahan ya’ nisbi atau ya’ sibhu artinya ya’ penjenisan atau pengidentikkan; jadi Ahmadiyah berarti sejenis Ahmad atau mengidentikkan Ahmad, yakni menyamakan atau mengidentikkan diri dengan Ahmad.

  1. Nama “Ahmadiyah” diambil dari kata “ahmad” artinya apa?

Kata “Ahmad” artinya “aku memuji” yakni orang yang memuji (sebagai kata kerja), atau “yang terpuji” (sebagai kata sifat) identik dengan arti kata “Muhammad”, berasal dari akar kata hamida-yahmadu-hamdan artinya memuji atau puji.

Kata “ahmad” mengandung arti ganda, yakni “yang memuji” dan “yang terpuji”.

  1. Siapa yang dimaksud “Ahmad” itu?

Yang dimaksud “Ahmad” adalah Nabi Suci Muhammad saw (570-632), nama yang diberikan oleh ibundanya Siti Aminah (w. 576), sebagai penggenapan nubuat Nabi Isa Almasih (Yesus Kristus) dalan Injil –bahkan inti Injil—yang diabadikan dalam Quran Suci 61:6.

Nama “Muhammad” diberikan oleh kakeknya, Abdul-Muthalib (w.578) yang karakteristiknya telah disebutkan dalam Taurat dan Injil (7:157).

  1. Bagaimana bunyi nubuat itu?

Bunyi nubuat itu sebagai berikut:

“Tatkala Isa bin Maryam berkata: Wahai para Putra Israel, sesungguhnya aku adalah Utusan Allah kepada kamu yang membenarkan apa yang ada sebelumku tentang Taurat, dan memberi kabar baik tentang seorang Utusan yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad. Tetapi tatkala ia datang kepada mereka dengan bukti yang terang mereka berkata : Ini sihir yang terang” (61:6).

Menurut ayat suci di atas”kabar baik” atau Injil itu adalah “tentang seorang Utusan yang akan datang sesudah beliau (Isa), yang namanya Ahmad”, jadi kabar baiknya bukan “tentang Yesus Kristus” seperti kata Markus: “Inilah Injil tentang Yesus Kristus” (Mrk 1:1).

  1. Mengapa dinamakan Ahmadiyah ?

Dinamakan Ahmadiyah karena Gerakan ini menghayati aktifitas dakwahnya dengan sifat jamali, yakni sifat keindahan dan keelokan budi pekerti.

Nama Ahmad mengandung sifat jamali diperagakan oleh Nabi Suci dalam periode Mekah, seperti dilukiskan dalam Injil (48:29); sedang nama Muhammad mengandung sifat jalali (keagungan dan keunggulan) diperagakan oleh Nabi Suci dalam periode Madinah, seperti dilukiskan dalam Taurat (48:29). Penerapan pada zaman akhir sifat jamali berhubngan dengan sesama manusia (hablum minannas), sedang sifat jalali berhubungan dengan hablum minallâh atau masalah teologis, seperti diperagakan oleh Hazrat Mirza Ghulam Ahmad (1835-1908).

  1. Bagaimana karakteristik sifat jamali yang menghayati aktifitas Gerakan Ahmadiyah itu?

Karakteristik sifat jamali ada empat syarat yang dijunjung tinggi, yaitu : (a) kekuatan ilmu, (b) kekuatan burhan atau tanda bukti, argumentasi,(c) kekuatan taqwa atau berbakti kepada Allah, dan (d) kekuatan rohani atau pertolongan Allah.

Sifat jamali merupakan sarana untuk mengundang limpahan berkah Ilahi yang melimpah-limpah sebagaimana dijanjikan Ilahi dalam Quran Suci 108:1-3 dan nubuat Isa Almasih dalam Injil (Yoh 20:25-28)

  1. Dalam nama Ahmadiyah terkandung sifat jamali dan jalali, bagaimana implementasinya?

Implementasi kedua sifat itu sebagai berikut : Sifat jamali implementasinya berkenaan dengan umat dakwah, jadi berhubungan dengan sesama manusia (hablum minannas) yang sama-sama dimuliakan oleh Allah (17:70) karena semua manusia adalah “keluarga-Nya”; sedang sifat jalali implementasinya berkenaan dengan akidah yang memang tak ada toleransi, harus dinyatakan dengan tegas dan keras (48:29), tetapi tidak kasar, apalagi menghina sesembahan selain Allah dilarang (6:108).

Dengan demikian, toleransi aktif antara umat beragama di dunia ini terbangun, sebab beda pendapat kawan berfikir, beda akidah kawan dialog dan beda ibadah kawan istabiqul-khairât (berlomba dalam kebaikan).[]

  1. Leave a comment

tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: