Ab

AB. Ayah atau bapak; bapa (father). Dalam bahasa Semit tidak selalu berarti ayah atau bapak sungguh-sungguh (biologis), tetapi acap kali berarti paman; misalnya dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah [2]: 133 Nabi Ismail disebut ab Nabi Ya’kub, putra Nabi Ishak. Dalam Perjanjian Lama terdapat banyak ayat seperti itu, antara lain Ul 32:6, Yer 31:9 Allah adalah Bapa bangsa Israel, berarti bangsa Israel adalah anakNya (Kel 4:22; Ul 14:1; Yer 31:20).

Ayah atau bapak dalam arti yang sesungguhnya (generate), dalam bahasa Arab disebut wâlid, sebagaimana doa Nabi Ibrahim: “Tuhan kami, ampunilah aku dan orang tuaku (walidayya) dan kaum mukmin pada hari terjadinya hisab” (Q.S. 14:41).

Isa Almasih (Yesus) menyebut Tuhan sebagai Ab dan menyatakan dirinya sebagai anak-Nya (Yoh 10:33-36); ini hanya untuk menunjukkan kedekatan hubungan dan besarnya kasih sayang Tuhan kepada hamba-Nya. Al-Qur’an menggantikan sebutan Ab dengan Rabb yang bukan saja mengandung arti kasih sayang dan kecintaan yang luar biasa dari Sang Khaliq terhadap sekalian makhluk, tetapi juga mencukupi dengan segala kebutuhan dan melengkapi dengan daya kemampuan, yang dalam lingkungan kemampuan itu Ia lengkapi sarana-sarana, yang dengan sarana itu manusia dapat meneruskan perkembangannya, tahap demi tahap, menuju kesempurnaan. Ini artinya, kata Rabb yang tercantum sebanyak 960 kali dalam Al-Qur’an, mengembangkan dan menyempurnakan ide-ide yang masih sederhana dan samar-samar dari kitab-kitab suci sebelumnya yang sering menimbulkan kesalahpahaman, sehingga hanya satu bangsa atau umat tertentu saja yang menjadi ‘anak’ dan ‘kekasih’ Tuhan, sebagaimana diperagakan oleh umat Yahudi dan Kristen (5:18) yang berkata  “Tak ada yang masuk Surga kecuali kaum Yahudi dan Kristen” (2:111). Oleh karena itu tiap-tiap do’a diawali dengan kata Rabb ini, sebagaimana dilakukan oleh Adam (7:23), Nuh (11:45), Ibrahim dan Ismail (2:126-129), Musa (20:25), Sulaiman (27:19), Isa Almasih (5:114), kaum Nawariyin (3:53), dll.

  1. Leave a comment

tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: